Rangkaian Radio Saku AM

Bookmark and Share

Rangkaian Radio Saku AM – Sekarang kami akan menyajikan bentuk rangkaian yang bahan dasarnya menggunakn IC. Dan untuk kali ini dasar rangkaiannya menggunakan IC tipe ZN415. Selain itu masing-masing IC mempunyai keistimewaan sendiri. IC ini mempunyai kualitas yang sangat baik dan cuma memerlukan catu daya rendah yaitu sekitar 1,5 Volt.
IC ZN 415 ini terdiri dari detektor AM, penguat output, dan bisa dioperasikan dengan tegangan cuma 1,5 Volt saja. Tidaklah mengherankan bila IC ini sangat disukai untuk unit yang sederhana tetapi berkualitas sangat tinggi. Selain itu desain dan konstruksi dari rangkaian itu sendiri juga tidak ada bedanya dengan rangkaian-rangkaian standar penerima AM.
Nah biar jelas dan ada sedikit gambaran, di bawah ini bisa Anda lihat dan pelajari gambar skema Rangkaian Radio Saku AM.


Gambar Skema Rangkaian Radio Saku AM


Adapun daftar komponen yang diperlukan untuk proyek ini adalah:
C1     =  80 pF
C2     =  10 nF
C3, C4 =  100 nF
C5     =  1 nF
C6     =  1uF/3 Volt
IC1    =  ZN 415
S1     =  Sakelar
L1     =  komponen penala/lilitan
HP     =  headphone 64 Ohm
Sumber daya =  1,5 Volt
Konsumsi arus kurang dari 5 mA
Berdasarkan gambar skema di atas, kapasitor C1 dan L1 berguna untuk menala frekuensi. Kemudian keluarannya yang merupakan impedansi tinggi digunakan untuk mengemudikan headphone. Bila rangkaian itu dalam keadaan aktif maka konsumsi arus yang diperlukan cuma sekitar 5 mA. Sedangkan L1 merupakan komponen penala dan dapat dibuat sendiri dengan jalan melilitkan kawat email diameter 0,2 mm pada batang ferit sebanyak 20 lilitan. Selanjutnya jika menginginkan penerimaan yang optimal maka sebaiknya kapasitor C1 yang ada di dalam Rangkaian Radio Saku AM ini menggunakan bahan-bahan non metal.
Demikian ulasan mengenai Rangkaian Radio Saku AM kali ini.  Di pasaran memang sudah jarang orang menggunakan radio AM, tapi untuk menambah wawasan pengetahuan, hal ini sangat bermanfaat.  Cobalah Anda merakit sendiri di rumah.  Selamat mencoba dan semoga berhasil.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar