Bicara soal ilmu sosial tentunya juga terdapat pembahasan materi yang berkaitan dengan masalah media sosial. Semua sudah tahu apa itu media sosial dan apa saja yang termasuk dalam media sosial. Tidak salah bila setiap orang memiliki pendapat yang berbeda beda tentang apa itu media sosial asalkan memiliki dasar tersendiri. Bagi saya media sosial adalah sarana bersilaturahmi dengan sesama untuk mendapatkan informasi, menambah wawasan, dan ajang promosi. Sekarang ini pastinya semua orang membutuhkan media sosial untuk berinteraksi dengan orang lain agar mendapatkan apa yang sedang mereka cari dan butuhkan.
Baik, sekarang kita menuju pada tema kita yaitu “The Power of Social Media for Small Industry”.
Banyak gambaran dipikiran saya tentang perihal kekuatan media sosial untuk industri kecil. Tetapi saya hanya akan menyampaikan hal hal yang sudah saya alami dan amati. Boleh dikatakan ini pengalaman yang baru seumur jagung, karena sayapun belum terjun langsung kedunia kerja perindustrian.
Media sosial yang di dalamnya banyak terdapat orang orang baik yang dapat menolong kita dalam membantu kebutuhan kita khususnya usaha kita. Sebagai contoh banyak sekali lembaga yang bernaung dan memberi jasa di bidang industri dan bisnis katakan saja ada Prasetiya Mulya Business School. Misalnya soal masalah peningkatan hasil, peningkatan kualitas, apa yang diinginkan konsumen, apa saja yang perlu diperhatikan dan masih banyak lagi bisa kita dapatkan informasi itu dari media sosial. Yang paling penting adalah bagaimana kita memenangkan pasaran, mengenalkan apa sebenarnya produk kita itu kepada konsumen. Disinilah peran dari media sosial sangat dibutuhkan, inilah kekuatan dari media sosial yang sangat menunjang. Yaitu untuk mengenalkan seluk beluk produk kita, supaya konsumen sayang akan produk kita, ingat pepatah tak kenal maka tak sayang.
Di sekeliling saya meskipun di desa terdapat masyarakat yang sangat heterogen dalam bidang mata pencaharian. Media sosial yang telah populer hingga ke desa desa ini sangat menbantu dalam pekerjaan mereka. Dulu saya menyarankan seorang pembuat roti untuk mencari informasi tentang masalah apa saja yang bisa meningkatkan kualitas hasil rotinya itu. Inilah jawaban Si pembuat roti itu “Wah, uwes mudeng mas iki lagi tekok tekok masalah peningkatan kualitas hasil rotiku iki lan pemasaranne karo om google saka hp, tawakno neng kanca facebook mu mas”. Jangan bingung itu bahasa jawa, dan ini artinya “Iya, sudah tahu mas, ini juga baru cari tahu informasi tentang peningkatan kualitas hasil dari roti bikinan saya ini dan pemasarannya di google melalui hp saya ini, bantu tawarkan keteman facebook kamu ya mas”. Ternyata mereka telah menggunakan kekuatan dari media sosial.
Saya juga pernah membantu Si pembuat roti ini dalam usahanya, tetapi hanya sebatas membantu mengemas. Namun tidak hanya itu, secara langsung saya juga telah ikut mempromosikan roti buatannya dengan menawarkannya kepada teman teman saya melalui sms. Kenapa tidak sekarang sms banyak geratisan, inipun juga salah satu kekuatan dari media sosial yang mudah penggunaanya serta murah dalam biayanya.
Ayo jangan ragu untuk mempromosikan dan mengenalkan produksi buatan anda kepada konsumen melalui media sosial. Sukalah mencari informasi mengenai hal hal yang berkaitan dengan usaha anda. Karena itu untuk kelangsungan dari usaha anda, dan yakinlah semua akan berjalan lancar serta mudah dalam mengatasi segala persoalan yang melanda usaha anda.
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar