Surat lamaran pekerjaan berisi permohonan untuk bekerja pada suatu tempat. Hal yang perlu dikemukakan di dalam surat lamaran pekerjaan disamping identitas diri adalah jasa yang dapat diberikan, pendidikan, kecakapan atau keahlian, serta pengalaman yang secara singkat disebut kualifikasi.
Pembuatan surat lamaran pekerjaan perlu memperhatikan ketentuan-ketentuan penulisan seperti:
- bentuk surat
- bahasa yang baik dan benar
- tulisan bersih, mudah dibaca, sesuai dengan kaidah ejaan
- bagian-bagiannya lengkap (meliputi: hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, nama terang).
Surat lamaran pekerjaan dapat diajukan berdasarkan:
1. Iklan
2. informasi seseorang
3. pengumuman resmi dari instansi yang membutuhkan tenaga
4. permohonan instansi pada sekolah
5. inisiatis sendiri.
hal-hal yang perlu dilampirkan antara lain:
- daftar riwayat hidup
- fotokopi ijazah terakhir
- sertifikat-sertifikat
- SKKB (Surat Keterangan Berkelakuan Baik)
- Pasfoto.
Kadang-kadang instansi atau lembaga juga meminta persyaratan lain, misalnya:
- surat keterangan pengalaman kerja
- surat keterangan berbadan sehat
- surat izin orang tua.
Daftar Riwayat Hidup (Curiculum Vitae/CV, biodata) sebagai lampiran surat lamaran pekerjaan berisi hal-hal sebagai berikut:
- nama
- tempat, tanggal lahir
- alamat
- nomor KTP
- agama
- jenis kelamin
- tinggi/berat badan
- warga negara
- kawin/belum
- suami/istri (nama, umur, pekerjaan, alamat)
- anak (nama, tanggal lahir, umur, pekerjaan)
- orang tua : ayah dan ibu (nama, pekerjaan, alamat)
- riwayat pendidikan dari SD sampai terakhir
- kursus-kursus
- pengalaman kerja
- lain-lain (dapat diisi dengan prestasi-prestasi, misalnya: kejuaraan yang diraih)
- pernyataan yang menyatakan bahwa daftar riwayat hidup tersebut dibuat dengan sebenarnya
- tempat dan tanggal pembuatan
- tanda tangan dan nama terang.
kunjungi juga: http://matakristal.com/
Home » Pelajaran Bahasa Indonesia » Surat lamaran pekerjaan
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar